13 Negara Musuh Internet

6 Comments
Posted 08 Nov 2006 in Blog

RSF (Reporters sans frontières / Reporter without border) mengumumkan 13 negara yang mempersulit rakyatnya dalam menggunakan Internet. Kebebasan berekspresi dan berkomunikasi dibatasi oleh kepentingan negara, yang menyebabkan banyak kendala untuk dapat mengoperasikan Internet sebagaimana mestinya.

Seperti di Burma, dipasang screen capturer pada komputer warnet, yang akan menangkap isi tampilan layar 5 menit sekali. Bayangkan betapa tersiksanya pengguna yang akan menulis cerita pribadinya.
Juga diblokirnya layanan instant messenger semisal GTalk, untuk mempertahankan pendapatan perusahaan telekomunikasi milik pemerintah.

China sudah memenjarakan 52 rakyatnya karena dianggap melanggar aturan berekspresi. Kalau di sini, mungkin orang semacam Priyadi akan duluan masuk bui.

Kalau untuk hal ini, kayaknya kita mesti bersyukur atas kesempatan yang diberikan negara kita Indonesia tercinta ini, karena tidak menghalang-halangi rakyatnya untuk bebas berekspresi lewat internet (weblog). Atau karena negara kita gak tau cara membatasinya? *halah*

Lha iya, buktinya Indonesia diblacklist dari daftar e-commerce karena banyaknya pencurian kartu kredit dilakukan di negara ini.

Selengkapnya mengenai 13 negara, silakan lihat di sini: list of the 13 Internet enemies


6 Comments

  1. Lha iya, buktinya Indonesia diblacklist dari daftar e-commerce karena banyaknya pencurian kartu kredit dilakukan di negara ini.

    mungkin harus memperpanjang daftarnya, karena kita masuk di urutan 14.
    hyuk..hyuk..hyuk..

    Reply
  2. Sangat berbau politis. Denmark juga men-sensor internetnya untuk distribusi mp3. Kenapa kok kebanyakan yg di blacklist adalah musuh2 dari amerika (eg: Cuba, Iran dan Korea Utara). Dan kenapa amerika kok ndak masuk kategori di blacklist. seperti iklan di metro tv, “They Tap Internet”

    Reply
  3. SARAAAAAAAA…

    Reply
  4. anak_bungsu

    Atau karena negara kita gak tau cara membatasinya? *halah*

    kayanya seh begitu …..

    Reply
  5. Klo di indo mungkin pemerintahnya jarang buka internet jadi gak diawasi hwe…he…he……
    Tapi klo masalah pencurian kartu kredit oleh orang indonesia gwa dukunglah…. wak.akakaka.. kakaa…. itu menandakan bahwa orang indonesia udah pada pinter maling hwe…hee…. (opppss.. salah maksudnya dah pinter teknologi) :D

    Reply
  6. mungkin pemerintahnya gak kenal internet…gak tau apa fungsi internet

    Reply


Add Your Comment