About the author.

Welcome to Aryo Sanjaya

The Log of Aryo Sanjaya Read more...

Just to give you a little bit on info outright, this site is powered by WordPress and the Scary Little theme. Moo.fx is used for javascript transitions, and it all snuggles up nicely in a MySQL bed.

Perl, perl dan PERL

Belakangan ini aku semakin sering kena kritik, mengenai penggunaan pengenal untuk bahasa pemrograman yang pake simbol onta.

PERL, ya, itu adalah tulisan yang pertama kali aku baca, saat diperkenalkan pada pemrograman ini sekitar tahun 2000-an, oleh kakak tingkatku, Dadang Beny.

Saat itu aku diberi installernya ActivePerl. Aku install, dan mulai belajar dari script demonya. Learn by doing, mungkin itu kebiasaanku dalam belajar pemrograman. Ditambah kemudian dengan studi kasus, yang biasanya disediakan oleh beberapa tutorial. Sedangkan referensi dan manual, apalagi FAQ, adalah langkah kesekian, setelah aku punya gambaran mengenai pemrograman tersebut.

Seiring waktu, beberapa situs sudah aku buat dengan PERL ini. Bahkan aku masuk ke perusahaan yang sekarang, adalah karena adanya lowongan programmer PERL.

Intinya, aku sudah menganggap PERL sebagai bagian dari koleksi senjataku dalam programming, baik itu yang web-based maupun yang desktop.

Tidak ada yang ajaib dari PERL, kecuali model sintaksnya yang ringkas, dan Ferdhie banget :p

Nah, saat berkecimpung dalam PERL inilah, beberapa kali masukan, sindiran, kritikan datang padaku, karena aku selalu menuliskan PERL. Sedangkan bagi ‘mereka’, hal itu adalah salah. Yang benar adalah Perl atau perl.

Perl merefer pada bahasa pemrogramannya, perl mengacu pada intepreternya. Sedangkan PERL sendiri itu TIDAK ADA.

Tapi karena aku masih ‘ngeyel’ pake PERL, kebanyakan dari mereka pergi dengan tidak puas :)

Aku merasa sudah terbiasa dengan PERL, dan tidak ada masalah dengan itu. Ketika aku bilang PERL, yang aku maksud ya PERL, bukan PHP atau ASP.
Yang mempermasalahkan pembedaan Perl dan perl adalah mereka para praktisi Perl, para member komunitas Perl, para hacker-hackernya, serta para fans dari pemrograman ini tentunya.

Mereka memang memerlukan pembedaan itu, salah satu gunanya adalah untuk membedakan referensi tadi, yaitu pemrogramannya atau intepreternya. Di Linux/Unix Perl dan perl memang berbeda, karena OS itu kan case-sensitive, sedangkan PERL lahir di Unix. Background of Perl.
Bagi yang tidak mengerti bedanya Perl dan perl, atau tidak mau tau bedanya, dianggap sebagai orang luar (outsider) dari komunitas itu. Lah, aku kan orang luar, jadi perbedaan itu tidak begitu berpengaruh bagi aku.

Aku gak dianggap sebagai orang Perl, ya memang tidak.

Aku dianggap tidak ngerti tentang Perl? lah, lalu apa gunanya anggapan itu buatku?

Selain itu, pengertian yang pertama kali aku dapatkan adalah ‘kepanjangan’ PERL yang terkenal: Practical Extraction and Report Language. Ya, sebenarnya itu memang bukan kepanjangan PERL (karena PERL bukan singkatan), melainkan backronym. Kalau mau lebih banyak lagi, lihat di PERL as shibboleth and the Perl community :)

Juga, buku tentang PERL, masih banyak yang menuliskan Perl dengan PERL.

Jadi, menurutku hal terpenting adalah konteksnya.

Kalo kita sedang bicara PERL sebagai ’sesuatu’ dalam barisan pemrograman, misalnya dibandingkan dengan ASP atau PHP, maka penggunaan PERL bukanlah masalah. Cukup jelas.
Tapi jika ingin lebih spesifik, di situlah gunanya pembeda.

Beberapa contoh diskusi: http://www.mahesajenar.com/2006/11/fiuhh.html

February 5, 2007
Gravatar Icon

2007-02-05 8:29 am

Zealotry banget sih, mo dipanggil perl, PERL, Perl, tetep aja. Lagian menurutku yg bener perl kok, buktinya:

$ whereis perl
perl: /usr/bin/perl /usr/local/man/man1/perl.1.gz /usr/src/contrib/file/Magdir/perl

membuktikan kalau yg bener itu perl :))

Gravatar Icon

2007-02-06 4:06 pm
donita

1. Mas Aryo hidup di ‘abad’ lalu dimana ketika Perl masih berupa singkatan, dimana masih extraction dan Report, sekarang udah bukan lagi sekedar cuman buat itu makanya Perl sekarang bukan singkatan.
2. Di diskusi sebelumnya saya semakin heran Mas Aryo tidak tahu Randall dan MJD juga Damian Conway, kita nggak bisa ignore mereka (denger denger nih mereka juga yang desain Perl 6 [bukan Perl6])
3. Perl, perl, PERL sama aja ? ya jelas Beda, karena komunitas Perl yang MEMILIKI Perl sendiri membedakannya, orang luar harap ikut komunitas, atau itu yang disebut ‘menghargai’
4. how about Autrija ? ever heard about this person ?

Gravatar Icon

2007-02-06 4:10 pm
donita

Menurut mas Ferdhie yang bener adalah ‘perl’, emang bener itu adalah interpreter ‘Perl’, Perl adalah bahasa pemrograman dan perl adalah interpreter Perl .. perlfaq1

Gravatar Icon

2007-02-07 10:23 pm

halah… gitu aja koq dibahas seeh… sing penting mbacane perl *pake lidah melilit*

Gravatar Icon

2007-02-08 9:04 am
Vera

Ya kalo bisa sekecil apapun dari ‘permasalahan’ harus di bahas lah, buka wawasan, pertahan kan pendapat, sportif dan mau berpikiran jernih,
Yang penting di baca nya perl pake lidah melilit ? bukannya yang penting tuh untuk ‘menguasai’ nya ?

Gravatar Icon

2007-02-09 2:56 pm

eMmm klo aQ secara masih abegeh jadinya peRL dunk :P

Gravatar Icon

2007-02-10 10:37 am

Halo Donita & Vera (still the same person, right?),

Sebenarnya sejak semula, bahkan dari diskusi di tempat sebelumnya, kita sudah sepakat bahwa perl, Perl, PERL adalah berbeda dan spesifik pada hal tertentu, kecuali PERL yang katanya nothing.

Silakan diulas lagi postingku di atas, tidak ada yang menyangkal perbedaan itu. Yang aku tekankan adalah ‘penempatan’ penggunaan istilah itu. Di paragrap terakhir.

Kita harus menghargai pembuatnya, memang benar sekali.
Kita menggunakan sebutan seperti yang mereka inginkan, ya, idealnya seperti itu.
Tapi bentuk ideal seperti itu belum pasti terjadi di semua tempat.

Sama seperti yang diinginkan para monks di komunitas Perl, agar setiap anggota komunitas wajib memberikan kontribusi dalam pengembangan Perl. Itu idealnya.

Contoh lain:
Berapa banyak pengguna Linux yang tidak pernah, tidak akan pernah, bahkan tidak terpikir untuk ikut berkontribusi pada pengembangan Linux? Meskipun kontribusi itu sangat penting dalam proyek opensource. Tapi belum tentu semua orang berpikir ke arah sana.

Nah, dalam hal istilah, menurutku juga seperti itu. Idealnya semua orang juga mengikuti apa yang diinginkan oleh para pembuat dan pengembang Perl, dalam menyebut produk mereka itu.

Saat dalam lingkungan atau komunitas Perl, maka perbedaan Perl dan perl sangatlah signifikan, strict, case-sensitive.
Tapi dalam pembicaraan di luar scope itu, aku tidak setuju kalo ada vonis salah, tidak benar, etc, pada orang lain yang menggunakan istilah PERL. Seperti yang Ferdhie katakan, Zealotry banget.

Dan merefer pada blogku sebelumnya, aku menggunakan PERL di postingan itu dalam scope di luar pemrograman, aku cuma cerita aktifitasku di kantor saat itu, dan memberitahukan bahwa aku menggunakan PERL.
Di situ menegaskan aku tidak menggunakan PHP atau ASP, tapi [Perl]. That is it.

Sebagai info, tiga orang komentator di atas, selain aku dan kamu, mereka adalah para programmer professional juga. Menggunakan multibahasa, mulai dari PHP, Perl, Java dan Python. Jadi penggunaan istilah [Pp]erl is not a big deal here.

Dan sekali lagi, aku sama sekali tidak kenal pada nama-nama yang sudah kamu sebutkan di atas. Aneh? Welcome to the world.

Gravatar Icon

2007-02-11 5:46 pm
Vera

Oh gitu,
*Jadi penggunaan istilah [Pp]erl is not a big deal here.*
betul tapi bukan itu yang dimasalahkan, yang dimasalahkan adalah penggunaan ([pP]erl|PERL)
Dan sekali lagi, aku sama sekali tidak kenal pada nama-nama yang sudah kamu sebutkan di atas. Aneh?
Aneh lah, Randall LS, Terkenal karena dia yang bikin ‘Phatolog. Ecletic. Rub. Lister” juga dia yang bikin Learning Perl dan buku lainnya, juga dia yang bikin istilah ‘JAPH’ Just Another Perl Hacker. Damian Conway, hmm setiap bikin buku Perl, selalu dapat penghargaan dari Perl Foundation, MJD, siapa yang gak tau Higher Order Perl ? , Autrija/Audrey yang lagi desain Perl 6

Gravatar Icon

2007-02-11 10:16 pm

#Vera:
siapa yang gak tau Higher Order Perl ?
Aku gak tau, tapi pasti banyak orang lain yang tau apa dan siapa itu. Jadi, ya sudahlah.

Gravatar Icon

2007-02-11 10:43 pm

# aryo: Aku gak tau…
sama, yg aku ngerti cuman miyabi, cut tari & mulan kwok, ups Miyabi, Cut Tari dan Mulan Kwok. Ngga kenal randall ls, damian conway, dll, ups Randall LS, Damian Conway… ah tombol shift ku rusak….

ngelantur…

Gravatar Icon

2007-03-10 5:11 am

Sangar diskusine iso belok tekan MIYABI CS ;)

Ojo ojo INTINE IKI??

Gravatar Icon

2007-03-20 12:09 pm

PERL itu kalo lagi teriak2 :-)

Seriously, berhubung di dunia Perl itu hanya ada 1 implementasi saja (yaitu “perl”, yang dimaintain oleh perl5-porters), maka dalam sebagian besar kasus gak gitu masalah nyebut perl atau Perl. ActivePerl juga kan sebetulnya core-nya hanyalah win32 build dari perl yang sama.

Beda dengan java misalnya di mana ada banyak implementasi berseliweran.

Participate! Leave your comment.