Visual Basic di Linux

4 Comments
Posted 22 Feb 2007 in Programming

Yeah Riteâ„¢, selain PHP dan shell, aku memang jarang programming di Linux. Dulu pernah sekali mencoba menggunakan Kylix dan Tcl, tapi kemudian tidak aku teruskan.

Mungkin penyebabnya adalah karena jarang menggunakan Linux. Senangnya cuma ketika install Linux, setting sampe optimal, lalu ditinggal begitu saja. Hanya sesekali saja mengunjungi partisi Linux.

Selain itu, penyebab jarangnya programming di Linux adalah masalah kebutuhan pasar. Kebanyakan pasar masih membutuhkan Windows platform.

Dengan adanya gerakan opensource, dan juga anti-pembajakan, diharapkan pasar mulai berani bergeser ke arah produk opensource. Siaya yang harus memulai? developer atau pasar?

Idealnya sih keduanya :)

Salah satu kesulitan developer untuk berpindah platform adalah mengenai ‘familiarsme’ pada pemrograman tertentu. Juga misalnya dia sudah memiliki banyak kumpulan fungsi dalam bahasa tertentu, akan sulit (baca: malas) berganti bahasa pemrograman.

Sudah ada beberapa bahasa pemrograman yang mirip dengan yang ada di Windows, misalnya Gambas. Tapi itu bukan berarti sama, hanya memiliki persamaan dialek.

Ada juga Klylix dari Borland, tapi tidak GPL. (lho, bukannya Delphi juga gak GPL?) Iya, tapi you-know-why.

Salah satu yang dapat digunakan adalah Moono-Project, yang mensupport beberapa bahasa pemrograman, di antaranya adalah Visual Basic, tapi VB.NET. Dan seperti yang mereka katakan, bisa berpindah ke Linux tanpa modifikasi apapun!

Paling tidak, itu bisa jadi alternatif, dan mengurangi alasan malasnya berpindah ke produk yang legal.

Catatan: saya pake Windows legal.


4 Comments

  1. gimana bos ? dah coba pake MONO ? katanya ada beberapa yang gak kompatibel. akhirnya setelah hampir 10 tahun release .NET, cita-citanya untuk multi platform terwujud 50%.

    Reply
  2. Masih belum mencoba, udah gak pake Linux. Ganti ke Mac sekarang, sedangkan development-nya pake Windows :D

    Reply
  3. ed

    gimana java dengan netbeansnya, skrg sangat mantap

    Reply
  4. eskotak

    coba bahasa pemrograman visual lazarus… bahasanya mirip delphi/pascal plus dah ada komponen buat koneksi ke database….meski belum versi stable tapi komunitasnya lumayan banyak n banyak juga yang bikin komponennya dan yang penting open source….

    Reply


Add Your Comment